Kamis, 03 September 2015

Maraknya IPTEK saat ini



What is IPTEK??



IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dimana kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan manusia saat ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.

Teknologi yang sebenarnya merupakan alat bantu/ eksitensi kemampuan diri manusia, telah menjadi
kekuatan otonom yang justru membelenggu prilaku dan gaya hidup kita sendiri. Dengan daya pengaruhnya yang sangat besar karena ditopang oleh sistem-sistem sosial yang kuat dan dalam kecepatan yang semakin tinggi teknologi telah menjadi pengaruh bagi kehidupan manusia. Masyarakat yang kurang kemampuan teknologinya cendrung tegantung dan hanya mampu bereaksi terhadap dampak oleh kecanggihan teknologi.

Perkembangan Iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban manusia. Jenis-jeis pekerjaan yang sebelumnya menuntut fisik sekarang telah menggunakan robot dan perangkat mesin yang telah mengalihkan fungsi manusia dengan kecepatan yang menakjubkan. Perkembangan Iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Iptek diyakini akan memberi umat kesehatan, kebahagian dan imortalitas. Sumbangan Iptek terhadap peradaban manusia tidak dapat dipungkiri, namun manusia tidak bisa memungkir kenyataan bahwa Iptek mendatangkan dampak yang negatif terhadap manusia. 

Kekawatiran manusia terhadap persenjataan kimia dan nuklir, perkembangan Iptek tidak menutup kemungkinan mengembangkan persenjataan canggih termasuk senjata kimia dan nuklir yang membahayakan kehidupan manusia. Berkembangnya kenakalan remaja dan kriminalitas remaja, perkembangan dan penerapan Iptek telah mendorong terjadinya globalisasi. Dengan berbagai macam media setiap orang termasuk remaja muda terkena pengaruh nilai budaya lain termasuk tingkah laku kekerasan ternasuk televisi media yang sangat besar pengaruhnya khususnya para remaja. 


sumber :
http://rezkimatematika.blogspot.co.id/2015/03/perkembangan-iptek-dalam-era.html 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar